Communication Skill
For Leader & Employee


WhatsApp Image 2020-10-16 at 13.31.53

Galibnya dalam sebuah organisasi, ada orang-orang yang mengisi berbagai posisi yang berbeda-beda. Namun posisi dan peran yang berbeda-beda itu bukan berarti mereka berbeda tujuan. Justru perbedaan itu menuju pada satu titik tujuan, karena mereka bekerja dalam sebuah teamwork.


Namun, tak sedikit sebuah tim yang terdiri dari kumpulan orang-orang hebat mengalami kegagalan dikarenakan tidak mampu untuk membangun komunikasi dalam upaya menyelaraskan peran diantara anggota tim. Tak sedikit komunikasi yang lemah dari para leader, anggota tim merasa kebingungan untuk menterjemahkan visi, tujuan, kebijakan, prosedur, dan perintahnya.


Tidak sedikit karena buruknya komunikasi akhirnya tidak dapat menggerakan produktivitas meski anggota tim memiliki kompetensi yang hebat. Dan tak sedikit karena minimnya komunikasi menjadikan anggota-anggotanya merasa sangat tidak nyaman ketika berada dalam timnya.


Dampak Komunikasi Tim yang Tidak Baik


1. Culture of Distrust


Komunikasi yang tidak baik dapat menghalangi sikap saling percaya. Ketika leader tidak mengomunikasikan tujuan dan peristiwa penting dengan anggota tim, maka secara alami akan muncuk fikiran bahwa ada informasi kunci ditahan. Mentalitas "kita lawan " bisa mulai muncul.


2. Limited Employee Engagement


Setiap anggota tim berkeinginan untuk bekerja di tempat di mana mereka dapat berbagi masukan dan membangun hubungan dengan setiap anggota tim. Komunikasi yang buruk membatasi kedekatan hubungan dan keterlibatan anggota tim. Anggota tim mengandalkan leader mereka untuk menawarkan arahan, umpan balik, dan penguatan positif. Ketika hal-hal ini kurang, hambatan antara pada tim akan menjadi membesar.


3. Uncertainty and Confusion


Pesan yang tidak jelas, sering berubah-ubah, nicaya akan membuat perbedaan pemahaman dan kebingungan dalam tim. Akhirnya akan tumbuh suasana ketidakpastian. Jika tim kebingungan dan penuh ketidakpastian, dapat dipastikan tim akan mengalami kesulitan untuk mencapai kinerja yang baik.


4. Ineffective Customer/Stakeholder Interaction


Komunikasi yang buruk dalam tim, akan mengakibatkan komunikasi yang buruk juga bagi pelanggan dan para pemangku kepentingan lainnya. Hal ini dapat menjadi penghambat bagi organisasi untuk membangun loyalitas mitra bisnisnya. Terlebih jika organisasi juga tertutup untuk menerima umpan balik dari para pemangku kepentingannya.

Persembahan program dari Akademi Trainer membantu pengembangan kemampuan komunikasi para pimpinan dan karyawan sesuai kebutuhan perusahaan Anda.


Communication Skill Program